5 Tips Memakai Forklift untuk Bisnis Industri Anda

Dunia industri tidak lepas dari keberadaan truk pengangkut barang yang memudahkan aktivitas di pabrik atau tempat usaha Anda. Bahkan Anda yang memiliki bisnis industri kecil pun, wajib mempertimbangkan adanya truk forklift di tempat usaha. Forklift sendiri merupakan truk yang lebih fleksibel untuk mengangkat, menurunkan dan memindahkan barang-barang yang terlalu berat untuk dilakukan tenaga manusia. Bila Anda belum menggunakan inovasi teknologi ini, sudah saatnya menghubungi jasa jual forklift baru & bekas (second) sekarang juga.

Cara Menggunakan Forklift dengan Benar

Anda memiliki bisnis supermarket atau industri yang memproduksi produk tertentu setiap hari, maka wajib memiliki truk forklift. Bila biaya operasional usaha belum bisa membeli Toyota Forklift atau Mitsubishi Forklift, maka bisa memilih rental forklift yang lebih hemat dan bisa digunakan sesuai kebutuhan bisnis Anda saja. Bagi pemula yang hendak mengoperasikan truk pengangkut barang-barang berat ini, simak cara menggunakan forklift dengan benar sebagai berikut :

1.     Melakukan pengecekan pertama lebih dulu

Meskipun Anda yang menyewa forklift sudah memastikan kondisi kendaraan prima pada awal kesepakatan rental, tapi selalu lakukan pengecekan pertama saat hendak menggunakan truk ini. Periksa setiap komponen mulai tiang, kemudi, rem, dan komponen-komponen yang lain. Bila ada komponen yang kurang baik, sebaiknya lakukan perbaikan guna mengantisipasi risiko kecelakaan kerja.

2.     Menggunakan alat keselamatan

Alat keselamatan sebelum mengemudikan truk forklift harus Anda pakai lebih dulu. Ada beberapa perlengkapan penting bagi operator yang menjalankan truk forklift seperti jaket, sepatu, dan helm yang harus sesuai dengan kondisi tubuh pengguna. Selain itu, Anda tidak boleh melupakan pemakaian sabuk pengamat yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan berkendara.

3.     Wajib memiliki kemampuan mengemudikan forklift

Meskipun Anda melakukan rental forklift atau bisnis belum memiliki armada sendiri, tapi operator bagian produksi harus memiliki kemampuan untuk mengemudikan truk ini. Namun, operator wajib mengikuti pelatihan mengemudikan dengan baik atau punya lisensi khusus untuk menangani forklift. Anda bisa mencari informasi terkait pelatihan khusus mengemudikan forklift sebagai persiapan memiliki kendaraan yang memudahkan aktivitas bisnis ini.

4.     Memperhatikan kondisi sekitar

Bagian gudang atau produksi biasanya menjadi tempat untuk memindahkan barang-barang. Cek kembali kondisi lapangan yang akan menjadi tempat handling kendaraan tersebut mulai beban lantai, ketinggian, adanya tiang atau benda-benda yang bisa mengganggu aktivitas menurunkan atau memindahkan barang.

5.     Menggunakan forklift dengan nyaman

Ada banyak merek forklift yang tersedia untuk membantu aktivitas produksi bisnis Anda lebih baik seperti Nichiyu, Doozan, Zoomlion, Heli, dan lain-lain, tapi penting sekali untuk memastikan operator sudah terbiasa mengemudikan kendaraan. Kontrol operator sangat penting dalam mendukung aktivitas pemindahan barang tanpa risiko kecelakaan yang mungkin terjadi. Berkendara dengan nyaman menjadi kunci kesuksesan mengemudikan forklift.

Supaya aktivitas produksi atau bagian gudang Anda berjalan lebih lancar dan efisien, sebaiknya segera miliki armada forklift sendiri. Anda bisa memiliki forklift bekas dengan harga yang lebih terjangkau bila perusahaan belum bisa membeli unit forklift baru.

Selain itu, Anda wajib memilih jenis forklift yang paling sesuai dengan kebutuhan usaha, misalnya forklift diesel yang memiliki kapasitas lebih besar dan cocok digunakan untuk aktivitas pemindahan barang di lapangan terbuka. Ada pula jenis forklift elektrik, forklift gasoline, dan forklift reach truck.

Dapatkan unit forklift yang berkualitas dengan garansi resmi sekarang juga. Hubungi jasa jual forklift baru & bekas (second) untuk mendapatkan informasi merek, harga, garansi, dan pembelian spare part forklift.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.