Cara Investasi di Batam dengan Segala Persyaratan yang Mudah

Batam adalah kota yang masih tergolong dalam Provinsi Kepulauan Riau. Kota yang dikenal dengan industrinya ini luas wilayah daratannya sebesar 715 km2.  Secara keseluruhan, luas wilayahnya mencapai 1.575 km2. Perekonomian Batam yang semakin menunjukkan tren positif merupakan dukungan dari sektor investasi. Para investor yang berinvestasi di Batam juga mendapatkan jaminan kemudahan dari BP Batam. Lalu bagaimana cara investasi di Batam dan persyaratannya?

Cara investasi di Batam Sejarah Badan Pengusahaan Batam

Pulau Batam memiliki letak secara geografis yang sangat strategis. Selain itu, Kota Batam berada di jalur perdagangan internasional Selat Malaka yakni jalur perdagangan internasional yang tersibuk urutan kedua setelah Selat. Posisinya pun sangat strategis, yakni hanya 12,5 mil laut 20 km dari Singapura. Jarak tempuhnya hanya 45 menit lewat jalur laut, dengan aksesibilitas ke negara lainnya dengan mudah di belahan dunia.

Pembangunan di Kota Batam tidak dapat lepas dari peran para stakeholder terkait, salah satunya dari para investor. Keadaan ekonomi yang berangsur membaik adalah sebuah momentum emas untuk Anda berinvestasi di Batam dan Anda harus mengetahui cara investasi di Batam.

Kemudahan Berinvestasi di Batam

Kepala BP Batam membantu para investor dengan mudahnya proses berinvestasi dan cara investasi di Batam. Kemudahan lainnya ialah ketika mengurus perizinan terkait dengan investasi. BP Batam telah menyediakan website yang sangat dan representatif untuk diakses Anda para investor. BP Batam pun membuat pelayanan perizinan investasi bersistem satu pintu. Sistem ini dibuat untuk mempercepat proses pelayanan perizinan. Para investor dapat dilayani cukup pada satu tempat saja.

Kemudahan yang diberikan oleh BP Batam meliputi berbagai perizinan yang tersedia. Jika selama ini mungkin perizinan investasi memerlukan waktu lama pada proses pengajuannya. Anda tidak perlu khawatir karena sekarang tidak lagi. Pihak BP Batam telah melakukan terobosan-terobosan luar biasa. Cara investasi di Batam yang perizinan ada di bawah naungan dari BP Batam semuanya sudah terintegrasi. Hal ini selaras dengan terbitnya Permen Nomor 41 Tahun 2021 yakni tentang Penyelenggaraan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

Dalam peraturan tersebut, perizinan investasi akan mencakup perizinan berusaha sektor transportasi bidang kepelabuhanan, sektor kesehatan, sektor perdagangan, sektor perindustrian, sektor sumber daya air, limbah, dan lingkungan, sektor kehutanan, sektor energi dan sumber daya mineral, dan sektor kelautan dan perikanan. Total jumlah dari perizinan 8 sektor tersebut ialah 67 jenis perizinan. Diharapkan, pada sektor industri di Indonesia semakin strategis dan mampu bersaing pada era Industri modern 4.0.

Kemudahan dalam mengurus permohonan perizinan investasi yang digagas BP Batam merupakan salah satu dari wujud komitmen pemerintah guna mendorong kerja sama antara pusat dan daerah yang baik. Ditambah dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan hal-hal yang berhubungan dengan administrasi dapat dilakukan secara daring. Ini membuat proses investasi makin dipercepat. Berbagai kemudahan pada kawasan Batam merupakan peluang emas yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Kemudahan dalam mengurus perizinan adalah sebuah terobosan yang sangat penting bagi kemajuan investasi di Batam.

Pemberian kemudahan pada bidang perizinan tersebut sejalan dengan pesatnya pembangunan pada tingkat nasional. Pembangunan yang dibiayai dan dilakukan oleh para investor nantinya memberikan kesempatan untuk masyarakat secara luas guna meningkatkan kesejahteraannya. Lapangan pekerjaan dapat semakin terbuka lebar serta membuka peluang usaha baru dan menjadi support system industri. Batam merupakan tempat terbaik bagi Anda sebagai investor yang ingin menanam modal dengan nyaman dan aman. Anda dapat memulainya dengan mengetahui cara investasi di batam. Selamat berinvestasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.