Kompetisi Safety Riding untuk Pelajar di Jateng Dimulai

Kompetisi Safety Riding untuk Pelajar di Jateng Dimulai

Mengusung tema “Pandemi Kami Tetap Peduli Keselamatan”, Astra Motor Jawa Tengah kembali menggelar kompetisi keterampilan berkendara sepeda motor.

Kompetisi tahunan para pelajar binaan Safety Riding Astra Honda Jateng ini akan mengasah kemampuan mereka dalam hal keselamatan berlalu lintas. Kompetisi ini dijalankan rutin tiap tahun oleh Astra Motor Jawa Tengah selaku pencetus Sekolah Safety Riding Mandiri ( SSRM ) Jawa Tengah. Kompetisi yang diikuti ratusan pelajar SMK ini juga menjadi implementasi kemampuan para pelajar yang merupakan aset bangsa.

Kompetisi keterampilan berkendara individu seperti teknik pengereman yang benar, Menjaga keseimbangan berkendara sampai dengan beradu skill dan speed dalam lintasan Slalom Course menjadi menu wajib yang harus diikuti oleh para agen keselamatan berlalu lintas sekolah binaan.

Agen-agen ini di sekolah berkumpul dalam satu organisasi yakni Komunitas Keselamatan Sekolah yang berperan sebagai team K3 sekolah kejuruan.

“Kita juga mengadakan kompetisi safety riding antarsekolah binaan dengan kategorinya kelompok yakni di Jambore Safety Riding Jawa Tengah. Lombanya sangat komplet terutama fokus pada lomba K3 industri yakni keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan sekolah,” jelas Suko Edi selaku Instruktur Astra Motor Jawa Tengah.

Awal pandemi pada 2020 menjadikan semua kegiatan di atas otomatis berhenti karena adanya larangan untuk berkumpul serta mencegah penularan Covid-19 di kalangan pelajar. Berjalannya waktu Astra Motor Jateng terus berusaha mencari konsep kompetisi yang bisa dijalankan bahkan bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak saat pandemi.

Gerakan “Pandemi Kami Tetap Peduli Keselamatan” menjadi momen awal komunitas keselamatan sekolah untuk aktif lagi dalam mengedukasi keselamatan berkendara baik ke internal sekolah maupun ke eksternal sekolah.

“Konsep kompetisi sangat menarik, dan ini memungkinkan anak-anak KKS bisa menjalankan tugasnya walaupun pandemi masih berjalan, Edukasi Safety Riding Online melalui video budaya industri keselamatan jalan dan berkendara tanpa gadget,” jelas Burhan, pembina safety riding SMK N 1 Bancak.

Nantinya yang dikompetisikan adalah kemampuan anak anak dalam menjelaskan project-nya di depan juri via online, Serta banyaknya masyarakat yang teredukasi dengan karya mereka, pastinya media yang dipakai adalah media online seperti Instagram feed, story, IGTV, Whatsapp status, YouTube, Facebook.

“Sangat menarik kompetisi ini, karena dalam pembuatan project video juga harus melalui sebuah proses mencari masalah yang ada di sekolah tentang keselamatan, setelah itu dicarikan solusinya, ditarget berapa banyak yang akan teredukasi bahkan sampai nantidi akhir kegiatan akan dipresentasikan ke juri perihal dampak dari project ini, ” jelas Rizky, salah satu peserta kompetisi Best SSRM.

#Cari_Aman menjadi slogan ajakan keselamatan buat kaum muda sehingga Astra Motor Jawa Tengah senantiasa berkreasi dan berinovasi dalamsosialisasinya ke kalangan muda bangsa Indonesia ini, salah satunya lewat kegiatan kegiatan yang mengajak peran aktif pelajar sebagai pelaku utama dari #Cari_Aman akan lebih menancapkan gerakan ini bukan lagi sebuah anjuran saja tetapi sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup kawula muda di negeri tercinta ini, Indonesia.

The post #Cari_Aman, Kompetisi Safety Riding untuk Pelajar di Jateng Dimulai appeared first on Solopos.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *