Kolaborasi dengan Cermati Protect, Adira Insurance Luncurkan Asuransi Mobil Syariah

Kolaborasi dengan Cermati Protect, Adira Insurance Luncurkan Asuransi Mobil Syariah

Cermati Protect senantiasa terus meningkatkan layanan digital guna menciptakan pengalaman terbaik bagi masyarakat supaya semakin mudah, nyaman dan aman ketika mengakses dan membeli berbagai produk asuransi.

Jakarta, otomotifmagz.com  –  Marketplace keuangan Cermati.com melalui Cermati Protect berkolaborasi dengan PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) meluncurkan produk asuransi mobil syariah, Autocillin Ikhlas, guna memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan perlindungan yang komprehensif dengan basis syariah. Pemanfaatan platform teknologi digital untuk saluran distribusi pemasaran asuransi mobil syariah ini merupakan langkah strategis perusahaan dalam mempermudah akses, memperluas jangkauan masyarakat untuk mendapatkan perlindungan kendaraan sekaligus peningkatan penetrasi asuransi syariah di Indonesia.

Juanri selaku Vice President of Insurance Cermati Protect mengatakan, Cermati Protect senantiasa mendengarkan permintaan dari pelanggan dalam memenuhi berbagai kebutuhan akan asuransi.

“Kini pilihan produk asuransi di Cermati semakin lengkap dengan kehadiran produk asuransi mobil berbasis syariah. Kami optimis, potensi produk asuransi syariah masih sangat besar dan penetrasi dapat ditingkatkan dengan kemudahan akses dalam membeli asuransi secara digital,” imbuhnya.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memaparkan penetrasi industri asuransi Indonesia tercatat masih di bawah 4 persen dari sekitar 260 juta penduduk Indonesia. Sementara tingkat penetrasi asuransi syariah tercatat baru mencapai 1 persen (data OJK per Juli 2020).

Sementara itu, Auralusia Rimadiana (Ima) selaku Chief Agency & Takaful Officer Adira Insurance, mengungkapkan, kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen Adira Insurance Syariah untuk terus mengembangkan solusi inovatif bagi pelanggan kami agar dapat mengakses produk-produk perlindungan dengan mudah kapan saja dan dimana saja melalui platform digital.

Keunggulan utama asuransi mobil syariah dibanding konvensional adalah para peserta asuransi saling menanggung risiko (sharing of risk) dengan menghibahkan kontribusi/premi yang dibayarkan untuk membantu peserta lain yang sedang terkena musibah. Dana kumpulan ini disebut sebagai dana tabarru’. Apabila dalam satu periode polis setelah dana tabarru’ digunakan untuk membantu peserta asuransi yang klaim masih terdapat surplus, maka surplus ini akan dibagikan kepada peserta melalui program bagi hasil.

Bagi peserta yang tidak pernah melakukan klaim selama periode polis berlangsung, berkesempatan untuk mendapatkan pengembalian dana ini. Selain itu dalam program bagi hasil, peserta diberikan dua pilihan terkait pengembalian dana tersebut yaitu sebagai pengurang kontribusi/premi polis renewal atau ditransfer ke rekening peserta.

“Produk ini secara fitur, manfaat, kontribusi/premi tidak kalah dengan asuransi mobil konvensional. Selain berkesempatan memperoleh bagi hasil, pemegang polis juga bisa menabur kebaikan karena dana yang kita hibahkan akan digunakan untuk menolong pemegang polis lainnya,” ujar Juanri.

Produk Autocillin Ikhlas asuransi mobil syariah dari Adira Insurance yang dapat dibeli melalui cermati.com mencakup dua jenis jaminan utama yaitu:

  • Asuransi Mobil Autocillin Ikhlas All Risk, yang memberikan jaminan atas mobil Anda untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan kendaraan.
  • Asuransi Mobil Autocillin Ikhlas TLO (total loss only), yang memberikan jaminan atas mobil Anda untuk kerusakan kendaraan diatas 75% dan kehilangan kendaraan.

“Keunggulan dari Autocillin Ikhlas, Pelanggan dapat mengajukan klaim langsung melalui Autocillin Mobile Claim Application dari smartphone Anda. Klaim dapat diajukan kapanpun dan dimanapun. Mulai dari pembelian di Cermati.com hingga pengajuan klaim, dapat dilakukan secara mudah dan cepat secara digital,” tambah Ima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *