Panduan Dosen Dalam Pemberian Mata Kuliah Dalam System Online Learning

Panduan Dosen Dalam Pemberian Mata Kuliah Dalam System Online Learning

Masa pandemi Covid 19 nyatanya memang belum berakhir. Proses pembelajaran tetap berjalan walaupun tidak normal seperti biasanya. Perguruan tinggi wajib mengadakan sistem program belajar baru. Online Learning mulai di terapkan oleh berbagai universitas.

Sebuah solusi agar keberlangsungan pendidikan tidak terhenti. Tonggak agent of change terletak pada keberhasilan pendidikan. Baik dari sistem atau soft skill yang mampu membawa perubahan.

Hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia telah menerapakan pembelajaran sistem online learning. Sehingga di perlukan pemahaman penggunaan sistem dari mahasiswa ataupun dosennya.

System Online Learning

Pemberian mata kuliah online di lakukan oleh semua pengajar dalam memberikan pembelajaran. Khususnya pada  Universitas UHAMKA untuk dapat menggunakan system online learning, dosen perlu melakukan log in terlebih dahulu di website onlinelearning.uhamka.ac.id. Setelah selesai login maka akan tertuju pada halaman dashboard.

Dashboard dosen pengajar beberapa mata kuliahnya, tertampilkan course overview dimana itu sudah di add admin kepada dosen bersangkutan. Sehingga hanya perlu masuk pada mata kuliah yang akan di ajarkan saat itu.

Caranya dengan pilih judul mata kuliah. Setelah memilihnya akan tampil kontrak belajar serta orientasi sebagai list RPS dan bahan ajar. Sebagai dosen dalam mengajar perlu mempersiapkan media konten yang harus di create secara langsung ke laman tersebut. Selain itu perlu mempersiapkan RPS dan bahan ajarnya.

Penggunaan online learning akan memudahkan dosen dalam menjalankan system kuliah online. Namun hal itu juga perlu belajar dari admin sehingga semuanya dapat memahami.

Baik dosen dan mahasiswa memang sama-sama belajar memulai sesuatu hal baru. Awalnya bisa tatap muka hanya persiapan RPS, bahan ajar dan media. Namun kali ini tentu berbeda bagi dosen, dalam online learning memerlukan pengeditan juga pengisian berbagai macam data.

Semua data yang tersedia pada learning harus benar. Sehingga ketika melaksanakan kegiatan online learning dengan mahasiswa tidak menimbulkan kebingungan.

Kuliah online dengan dosen di sediakan bahan ajar yang bisa di gunakan oleh mahasiswa. Dalam mendapatkanya, mahasiswa hanya tinggal mengunduh file yang telah tersedia.

Memulai sesuatu yang baru memang tidak mudah. Akan tetapi semua harus belajar dan menjadi terbiasa. Seperti halnya penggunaan online learning. Semua yang terlibat perlu mempelajarinya dengan panduan admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *