Pentingnya Menjaga Tekanan Angin Ban

Pentingnya Menjaga Tekanan Angin Ban

Ban yang kurang angin ialah pemicu kasus pecahnya ban, karena itu seharusnya Anda mulai memperhitungkan untuk mempunyai alat pengukuran kekerasan ban (tyre pressure gauge).

ilustrasi tyre pressure gauge

Alat ini jadi penting karena kita tidak dapat menghitung tekanan angin cukup dengan menyaksikan dari wujud fisik ban, terkecuali penekanan anginnya telah menyusut kebanyakan alias ban telah jadi kempes. Apa lagi bila kendaraan Anda mempunyai keadaan kaki-kaki yang paling sensitif karena anda sudah lakukan pergantian pelek dan ban dengan ukuran di atas standard.

Pada kendaraan dengan kaki sensitif semacam ini, ketidaksamaan tekanan sejumlah 3-5 psi pada sumbu depan mobil bisa membuat kendaraan condong ‘membuang’ pada arah tertentu. Padahal dengan kasat mata, perbedaan sebesar itu tidak akan kelihatan sekali-kali, begitupun bila mendeteksinya dengan coba tekan ban dengan tangan.

Tetapi biasanya pemilik kendaraan langsung jatuhkan vonis pada alignment/ kesesuaian roda yang harusnya disetel ulang alias spooring. Walau sebenarnya bila kita mempunyai sendiri alat pengukuran tekanan ban, kita akan segera tahu sebabnya.

Bila anda khawatir alat pengukur tekanan angin ban anda tidak tepat (karena malas beli alat ukur professional yang dirasa mahal dengan argumen akan jarang-jarang dipakai), karena itu kenalilah bahwa tidak ada masalah bila alat ukur yang kebetulan Anda beli tidak tepat.

Karena itu jadikan saja alat ukur Anda sebagai alat ukur ‘pribadi’ sama ukuran yang Anda tetapkan sendiri. Tujuannya, bila Anda sudah berasa nyaman dengan kekerasan ban dengan alat pengukur professional memperlihatkan angka misalkan 32psi, karena itu coba ukur dengan alat pengukuran punya Anda. Bila nyatanya alat pengukuran Anda tidak tepat dan memperlihatkan angka 34psi (misalnya), maka Anda dapat berpatok pada alat ukur itu saat menghitung ban.

Beberapa penambal ban tepi jalan juga belum pasti mempunyai alat ukur yang tepat. Nah saat Anda menambahkan angin di tepi jalan, Anda dapat menghitung ulang dan sesuaikan tekanan anginnya sesuai standard alat ukur Anda yakni 34psi (misalkan) hingga kekerasan ban anda masih stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *