Persiapkan Biaya Servis untuk Penggantian Komponen Motor Honda Ini!

Motor Honda memiliki pangsa pasar yang sangat potensial di berbagai negara, khususnya negara-negara berkembang di kawasan Asia. Di Indonesia sendiri, pengguna motor Honda sangat banyak sehingga bengkel resmi tersebar di seluruh kota. Anda yang hendak melakukan servis motor Honda wajib memilih bengkel resmi yang memiliki portofolio terpercaya, ya!

Komponen Motor Honda yang Harus Servis Rutin

Bagi Anda yang baru memiliki motor Honda, ada baiknya melakukan perawatan dengan maksimal. Usahakan untuk selalu melakukan servis motor berkala guna menjaga komponen tetap awet dan tahan lama. Bila Anda tidak ingin ribet dalam melakukan servis dengan antre di bengkel resmi terlalu lama, tidak ada salahnya memilih booking servis motor Honda secara online saja. Berikut referensi komponen motor Honda yang harus rajin servis secara berkala yaitu :

1.     Ganti oli

Hal paling penting yang harus Anda lakukan dalam merawat komponen motor Honda adalah ganti oli. Usahakan untuk memakai merek oli terbaik dan jangan gonta-ganti merek untuk memastikan pelumas berfungsi dengan baik.

Estimasi biaya ganti oli berkisar 45 ribu rupiah ke atas sesuai dengan pilihan oli motor favorit Anda. Selain itu, jenis oli untuk kendaraan matic, manual atau sport juga sangat mempengaruhi biaya perawatan Anda.

2.     Servis tune up

Anda wajib melakukan servis tune up rutin untuk menjaga komponen motor Honda terawat dengan baik. Biasanya tim bengkel resmi akan melakukan pengecekan tekanan ban, mengecek kondisi rantai motor, membersihkan bagian karburator dan radiasi, mengecek alat ECU dan CVT, cek fungsi lampu dan klakson, membersihkan saringan udara, dan lain-lain. Estimasi biaya servis tune up berkisar 75 ribu rupiah, tetapi Anda perlu mengeluarkan uang lebih bila ada bagian komponen yang rusak.

Pengecekan yang berfungsi memastikan komponen motor tetap baik akan merekomendasikan Anda untuk melakukan penggantian komponen secara berkala. Biaya servis ringan sangat terjangkau bila tidak ada komponen yang perlu diperbaiki, kok. Contoh motor matic Honda all varian hanya dibandrol dengan biaya servis ringan 120 ribu saja, Honda CB150R berkisar 130 ribu dan  jenis motor lain yang tidak kalah terjangkau.

3.     Mengecek kampas rem

Service motor Honda yang harus Anda lakukan secara berkala adalah pengecekan kampas rem. Biaya servis kampas rem depan cakram hanya 45 ribu rupiah, sedangkan kampas rem belakang tromol hanya 35 ribu saja.

Tentu biaya servis yang terbilang murah untuk menjaga keamanan dan keselamatan Anda selama berkendara di jalan raya, lho! Bila kampas rem Anda tidak perlu penggantian, maka tim servis Honda resmi akan memberitahukannya. Pastikan Anda memakai kendaraan dengan baik agar kampas rem lebih awet.

4.     Biaya ganti spare part

Bisa jadi Anda memang perlu mengeluarkan biaya servis lebih banyak bila ada komponen yang sudah rusak. Ganti komponen lama dengan komponen baru dari service bengkel resmi yang menyediakan ganti spare part asli Honda, misalnya roller atau V-belt. Biaya servis berat bisa lebih banyak bila kendaraan memiliki komponen yang sudah rusak, misalnya motor Anda sudah mengalami overheat atau turun mesin.

Nah, pastikan Anda selalu merawat motor Honda dengan baik agar pemakaian bisa lebih aman dan nyaman. Estimasi biaya bisa lebih ringan atau lebih besar tergantung dengan tingkat kerusakan komponen motor Honda Anda, ya! Untuk Anda yang ingin lebih mudah dalam melakukan perawatan atau servis berkala, sebaiknya service motor Honda dengan memakai aplikasi Daya Auto. Anda tinggal unduh aplikasi di ponsel, kemudian lakukan booking service motor Honda sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati. Praktis dan anti ribet, kenapa tidak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.