Setelah Tertunda 437 Hari, Shin Tae-yong Bakal Debut Pimpin Timnas Indonesia di Laga Kompetitif

Setelah Tertunda 437 Hari, Shin Tae-yong Bakal Debut Pimpin Timnas Indonesia di Laga Kompetitif

Dirilisnya jadwal sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dari AFC memastikan Shin Tae yong akan segera menjalani debut kompetitif bersama timnas Indonesia. Induk sepak bola Asia, AFC telah merilis jadwal sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Jumat (12/3/2021). Kepastian jadwal berbarengan dengan ditunjukanya venue untuk masing masing grup dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

AFC menunjuk Uni Emirat Arab sebagai tuan rumah venue 3 laga tersisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G, di mana Timnas Indonesia akan bertanding. Rencananya, Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia itu akan digelar pada 31 Mei hingga 15 Juni 2021. Sisa 3 laga yang akan dijalani Indonesia yakni melawan Thailand, Vietnam dan Uni Emirat Arab.

Keputusan AFC menggelar sisa laga Kualifikasi Piala Dunia dengan menunjuk satu tuan rumah di setiap grup ini berkaitan dengan kondisi masih adanya kasus COVID 19 di setiap negara Asia. PSSI mendukung penuh keputusan AFC ini. "PSSI menyambut baik dan mendukung keputusan AFC. Kita ketahui saat ini masih dalam pandemi Covid 19, ini merupakan keputusan terbaik dan adil," kata Ketum PSSI, Mochamad Iriawan dikutip BolaSport.com dari laman resmi PSSI.

Iriawan juga menegaskan bahwa timnas Indonesia siap bermain dimanapun dan optimistis dengan kemampuan pemain di bawah asuhan Shin Tae yong. "Kami berharap timnas Indonesia agar dapat meraih hasil terbaik di sisa tiga pertandingan grup G," ucap Iriawan. "Kami optimistis karena kemampuan pemain meningkat di bawah polesan pelatih Shin Tae yong," imbuhnya.

Timnas Indonesia sendiri berada di dasar klasemen grup G. Pasalnya saat ini dari lima laga yang dijalani, timnas Indonesia belum pernah sekali pun mendapatkan poin. Bahkan sang Garuda menjadi lumbung gol di ajang tersebut.

Bagaimana tidak, dari lima laga yang dimainkan, Indonesia harus kebobolan 13 gol. Peluang lolos sudah pasti tertutup, namun masih ada peluang untuk memperbaiki posisi untuk Kualifikasi Piala Asia 2023. Sementara itu, rilis dari AFC ini juga memastikan jadwal debut kompetitif Shin Tae yong yang sudah tertunda 437 hari.

Selama ini, Shin Tae yong memang belum pernah memimpin timnas (senior) Indonesia di laga kompetitif. Shin hanya memimpin timnas Indonesia pada satu laga ujicoba melawan Persita Tangerang pada Jaunari 2020. Selebihnya, Shin memoles timnas U 19 Indonesia dan terakhir untuk timnas U 22 Indonesia.

Sejak resmi menjadi pelatih kepala timnas Indonesia pada akhir Desember 2019, Shin Tae yong awalnya dijadwalkan menjalani debut kompetitif melawan Thailand (26/3/2020). Namun, jadwal debut Shin Tae yong terpaksa tertunda karena serangan virus Corona yang menghantam seluruh negara di dunia. Penundaan awalnya berlangsung hingga Oktober 2020, sebelum pada akhirnya dijadwalkan digelar 3 Juni 2021 mendatang.

Juni 2021 Thailand Vs Timnas Indonesia Juni 2021 Vietnam Vs Timnas Indonesia 11 Juni 2021 Timnas Indonesia Vs UEA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *